Lebaran 2018 (2 - Padang Sidempuan)

Here We Go..

Jadwal keluarga kecil Hasibuan adalah berangkat ke Padang Sidempuan pada malam pertama Idul Fitri. Alhamdulillah kesampaian juga harapan Emak untuk dapat sholat Ied bersama Mama dan Papa, selanjutnya kami akan berlebaran bersama keluarga besar Hasibuan.

Menurut Jadwal, kami akan dijemput taksi Padang Sidempuan pukul 7 di rumah. Jangan dikira taksi sedan kayak biasa di Jakarta..hehehe.. Taksi yang dimaksud tidak lain tidak bukan adalah mobil Colt L300 dengan Plat kuning karena memang adalah mobil angkutan orang. Ditunggu tungguuu.. sampe jam 9 si Taksi belum nongol juga.. ternyata mereka menjemput penumpang dulu, kami yang terakhir. Akhirnya sekitar setengah 10 Malam, keluarga kecil Hasibuan berangkaaaaaattt...

Okesip, jujur, Emak paling tidak favorit dengan perjalanan darat naik bis atau mobil. Jarak Padang (Pariaman) ke Padang Sidempuan adalah sekitar 365km. Perkiraan perjalanan adalah sekitar 9-10 jam.
Merujuk GoogleMaps
Berkali-kali Emak hampir muntah di jalan (thanks to Obat dari Si Mamah, mual dan muntah dapat diatasi). Si Ayah malah lancar jaya, terjaga sepanjang perjalanan sambil streaming pertandingan pertama piala dunia Rusia ketika dapat sinyal. Si Bocah tidur dengan lelapnya sambil minta dibikinkan susu ketika terbangun.

Kami sampai di Sidempuan pukul Setengah8 Pagi. Ayah dan Anak seger, Emak klenger.. -_____-

Ini adalah kunjungan kedua Emak dan Bocah ke Sidempuan. Padang Sidempuan adalah kampung halaman Oppung Perempuan Nawalani (Mamak si Ayah). Menurut Emak, Padang Sidempuan itu kota yang menyenangkan, cuacanya bersahabat, siang tidak terlalu terik (dibandingkan Padang dan Bekasi) dan pas malem adeeeemmm sangat. Lokasi Rumah Oppung Perempuan juga berada di tengah kota, jadi mau kemana-mana dekat dan fasilitas umum juga banyak, pertokoan juga lengkap.
Makanannya juga masih lebih mirip dengan masakan Padang, Emak bahagiaaaa...
Kemarin itu si Ayah ngajakin makan di luar, Emak pesan Mie Ayam dan rasanya miriiippp banget sama Mie Ayam yang dulu jualan di dekat SMA Emak di Padang.. Terharuuuu...
(fyi, rasa mie ayam ini beda sama yang di Jakarta, sama kayak nasi padang Jakarta yang rasanya beda sama nasi padang di Padang - if you know what I mean) >,<

Setiap kali pulang kampung ke Keluarga Ayah, Si Bocah selalu menjadi idola. Sebagai cucu pertama, Bocah menjadi sangat berlimpah kasih sayang. Oppung-Oppung sepertinya rindu sekali dengan Bocah, belum lagi Uwak dan Bude, dan Udak-udaknya. Meskipun punya Udak favorit, tapi Alhamdulillah si Bocah benar-benar senang ada disini, jika senang means Bocah mudah diatur dan makan bisa dikontrol. Emak Bahagia. Udah.

Hari-hari pertama di Sidempuan, Emak, Ayah dan Bocah lebih banyak di rumah. Istirahat. Perjalanan darat semalem itu benar-benar menguras energi. Emak butuh bola Energi milik MaWang (hahaha.. ini Drakor Hwayugi). Tapi yang bener-bener tepar malah Bocah dan Ayah. 

Bocah muntah-muntah sampe berkali-kali dalam satu hari. Apa aja makanan yang masuk dimuntahin. Agak-agak bikin emak stress, soalnya sejak bayi, bocah muntah begitu cuma pas minum obat demam, gak pernah-pernahnya masuk angin kayak begini. Alhamdulillah sehari reda muntahnya.. 

Lain lagi si Ayah, tiba-tiba badannya drop, pusing dan lemes. Bawaannya tiduran aja.. Dibawa urut masih gak enak badan, dibawa ke dokter pun masih lemes. Sampai akhirnya balik ke Binjai, ayah masih sakit.. Emak Galauu.. Alhamdulillah Mamak dan Bapak sigap.. 


So, Ngapain aja di Sidempuan?

1. Bakar-Bakar Ikan 

Ini kayaknya kegiatan rutin setiap tahun kalo pulang kampung ke Sidempuan. Pergi tangkap ikan ke kolam milik adik Oppung perempuan, terus dibakar sendiri dan dimakan rame-rame. Pengalaman pertama Emak nih, liat orang tangkap ikan dan dibakar di belakang rumah dengan bumbu seadanya, tapi sedapnya luarrr biasaaaa...

2. Nongkrong2 Cantik

Nah ini nih, kelebihan Kota Padang Sidempuan. Walopun kota nya kecil tapi cafe dan restoran di sini Yahud banget. Banyak tempat makan yang instagramable. Emak dan Ayah pun gak ketinggalan pengen nyobain salah satu cafe yang ada disini..
3. Sholat di Mesjid Agung Padang Sidempuan

Finally mampir juga ke Mesjid Agung di Kota Padang sidempuan, mesjidnya adem, walopun emak sempat bingung nyari tempat wudhu buat anak perempuan.




4. Mandi-mandi di Aek Sijornih

Termasuk tempat wisata yang terkenal di Tapanuli Selatan, Aek Sijornih rame sekali. Walopun kami berangkat pagi, tetap saja parkiran di lokasi pemandian ini telah ramai mobil pengunjung. Untuk menuju ke lokasi pemandian, Kami harus berjalan kaki terlebih dahulu dengan jalur menanjak dan jalan setapak. Sebetulnya ada 2 spot pemandian di sini. Salah satu spot pemandian adalah yang rame dan paling banyak foto kalo di googling, tapi kami memilih lokasi satunya yang lebih sepi. 

Si Ayah seneng sekali mandi-mandi di sini. Belum lagi si Bocah yang bahagia gak ketulungan main air sama Uwak dan Udak-udaknya. Emak duduk2 aja di tepi, dilema gak bisa berenang ya gini.. Liat air langsung minggir..hehehe



Buat Emak, jalan-jalan di Sidempuan lebih kayak liburan biasa.. Menjelajah tempat baru.. Tapi buat si Ayah, jalan di Sidempuan kayak napak tilas pengalaman masa kecil. Ayah dan keluarganya sejak dulu rutin pulang kampung ke Sidempuan. Memori Ayah tentang Nenek dan Kakeknya semasa masih hidup sepertinya menjadi hal yang tidak terlupakan setiap kali ke sini.

Semoga kami dipanjangkan umur dan rezeki sehingga bisa berkunjung ke sini lagi..

Setelah beberapa hari di Sidempuan, Keluarga Besar Hasibuan lanjuuuut pulang ke Binjai. Rangkaian Liburan Keluarga Kecil Hasibuan pun berlanjuuuttt...

Comments

Popular posts from this blog

Tak Ada Gantinya

Menunggu Jadwal Susu Anakku

15-07-2012